Kamis, 03 November 2011

Sistem Sungai


Gambar 1  Contoh dari sistem sungai




 Gambar 2  Siklus Hidrologi



.
Sistim sungai dapat dipandang seperti struktur pohon, dimana batang pohon dipandang sebagai induk sungai dan cabang pohon dipandang sebagai anak sungai (Gambar 1). 

Lokasi tempat bercabangnya sungai disebut persimpangan (junction) dan bagian sungai diantara dua junction adalah bentangan (stretch) sungai. 

Bagian antara permulaan sungai dengan juntion di bagian hilirnya juga adalah stretch sungai.


Sistim sungai adalah bagian dari siklus hidrologi dan air yang ada di sungai berhubungan dengan komponen yang berbeda dari siklus hidrologi seperti aliran permukaan (surface runoff) dan resapan air tanah (groundwater drainage) seperti terlihat di Gambar 2. 

Berapa banyak kuantitasnya, biasanya sangatlah sulit dihitung secara akurat karena sangat variabel dan banyak faktor lingkungan dan kondisi yang mempengaruhinya. Misalnya aliran permukaan tergantung kepada presipitasi, intersepsi, evaporasi,  kapasitas infiltrasi tanah, penampungan permukaan (surface storage) aliran dipermukaan, dst., sedangkan resapan air tanah adalah fungsi dari jumlah air tanah dan elevasinya, konduktivitas hidrulik dari lapisan tanah, pengambilan air tanah dan seterusnya..


Sumber: Buku Pengelolaan Kualitas Air (M. Razif dan Adhi Y.)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates