Sabtu, 05 Februari 2011

Melihat Lebih Dekat Maduraku

     "Madura", sebuah kata yang membuat orang takut, benci, jengkel, dan lain sebagainya yang selalu bernada negatif. Memang orang Madura memiliki watak keras, pantang menyerah, dan terkadang berkata kasar. Tapi ketahuilah bahwa orang Madura tidak jahat malahan mengasihi sesama. Rasa kesukuan masyarakat Madura sangat tinggi dan termasuk orang yang bertahan hidup. Berbagai pekerjaan yang dilakoni orang Madura, sebagian besar adalah pedagang. Orang Madura terkenal sebagai penjual sate.

 
     Mari mengenal Pulau Madura lebih dekat. Pulau Madura terdiri dari empat kabupaten, yaitu Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep. Pulau Madura terkenal sebagai pulau garam dan makanan Sate Madura. Salah satu dari budaya Madura yang terkenal  dan masih dilestarikan adalah Karapan sapi. Karapan Sapi merupakan istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi. Karapan sapi biasanya digelar sehabis panen raya sebagai wujud rasa gembira atas keberhasilan yang diraih.

        Masyarakat Madura terkenal dengan "Carok". Carok sendiri adalah  perkelahian satu lawan satu atau kelompok lawan kelompok. Waktunya direncanakan bersama dan membawa senjata. Carok bukanlah kultur Madura. Carok merupakan cerminan sikap pelakunya yang menjaga harga diri dan tak mau dilecehkan atau dipermalukan.
    Pulau Madura memiliki banyak wisata alam yang didominasi oleh Pantai. Pantai-pantai tersebut adalah Pantai Talang Siring, Pantai Jumiang (Kabupaten Pamekasan), Pantai Lombang (Kabupaten Sumenep), Pantai Camplong (Kabupaten Sampang), dan lainnya. Selain itu Pulau Madura juga memiliki tempat wisata "Api Tak Kunjung Padam" yang terdapat di Kabupaten Pamekasan. Banyak kekayaan alam yang tersimpan di Pulau Madura.     Berikut ini website kabupaten di Pulau Madura. Melihat lebih dekat Maduraku.


*Don't judge a book from it's cover.
*Madura loves peace :) ..

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates