Kamis, 24 Februari 2011

P3L uyee ..

     Tahun 2011 menjadi tahun kedua saya mengikuti kegiatan P3L (Pelatihan dan Pengembangan Penelitian Lapangan) yang diadakan oleh HIMBIO Unair. Tahun ini diadakan di Taman Nasional Baluran Situbondo-Jawa Timur pada tanggal 8-12 Februari. Kali ini saya bergabung dalam kelompok penelitian kapang yang terdiri dari sembilan orang. Sedangkan tahun lalu diadakan di Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi-Jawa Timur dan saya bergabung dalam kelompok bakteri tanah. Di TN Baluran ini  kami melakukan sampling tanah di empat ekosistem, yaitu ekosistem savana, ekosistem hutan musim, ekosistem mangrove, dan ekosistem evergreen.      
     Pada hari pertama setiap kelompok penelitian menyisiri tiga jalur berbeda untuk sampai di Bama dan melalui jalur berbeda pula untuk sampai ke wisma yang terletak di Bekol. Saya dan teman-teman kelompok penelitan kapang bersama kelompok penelitian fungi melewati mantingan dimana kami melewati ekosistem savana yang sangat panjang kemudian menyusuri mantingan dimana terdapat ekosistem mangrove, yaitu Avicennia sp. dan Rhizospora sp. serta sumber air Mantingan. Melalui perjalanan yang jauh akhirnya kami sampai di Bama dan bermain air  di pinggir Pantai Bama. Di belakang wisma rusa yang merupakan tempat istirahat putri terdapat kumpulan monyet. Begitu pula di Bama banyak terdapat monyet (Macaca).
     Hari kedua saya dan teman-teman kelompok kapang melakukan sampling tanah di ekosistem evergreen dimana kami mengambil sampel tanah secara duplo pada empat titik berbeda. Hari ketiga kami melakukan sampling tanah di ekosistem savana dan ekosistem hutan musim. Selanjutnya hari keempat kami melakukan sampling tanah di ekosistem mangrove. Panas terik matahari dan perjalanan yang jauh tak membuat kami menyerah melakukan sampling.
     Ini merupakan gambar keindahan ekosistem di TN Baluran.




*To be continued..

2 komentar:

Unknown mengatakan...

hy.. visit here :D

Aini mengatakan...

hihi.. sambungan e d enteni kak

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates